Bahaya Duduk Terlalu Lama

1 min read

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Duduk di kursi terlalu lama banyak dijumpai dengan beberapa alasan, seperti pekerja kantoran, operator mesin otomatis pabrik, penjahit, dan lain sebagainya. Hal itu bukan karena keinginan, melainkan karena tuntutan profesi yang mengharuskan untuk duduk. Di sisi lain, dapat dijumpai pada seseorang yang melihat tv dan bermain didepan komputer yang terlalu lama tanpa memindah tempat duduk.

Sudah menjadi perbincangan, duduk dengan durasi terlalu lama memang menjadi perhatian khusus. Dampak dari duduk terlalu lama berisiko pada masalah kesehatan. Bahkan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko penyakit berat tertentu dan masalah kesehatan jangka panjang.

Sebenarnya apa bahaya duduk terlalu lama? Berikut beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi jika duduk terlalu lama yakni 8 hingga 10 jam dengan posisi yang sama.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Pada Kesehatan

1. Gangguan fungsi metabolik

Menurut sebuah penelitian, duduk sampai berjam – jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Hal Ini akan mengakibatkan masalah pada kesehatan secara keseluruhan.

2. Sakit punggung

Salah satu akibat dari duduk yang terlalu lama adalah sakit punggung di bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal tersebut terjadi karena otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

3. Nyeri di leher

Duduk pada posisi tegak berjam – jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

4. Meningkatkan risiko diabetes

Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus – menerus setiap hari, maka siap – siap untuk terkena penyakit ini. Hal ini berisiko lebih tinggi pada wanita yang duduk selama 7 jam sehari.

5. Penurunan fungsi otak

Terlalu lama duduk dapat mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini terjadi karena terlalu banyak duduk akan membuat otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup seperti ketika tubuh aktif. Otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup berkualitas untuk bisa melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk tubuh.

6. Kaki yang kurang sehat

Bahaya duduk terlalu lama juga diderita oleh organ tubuh kaki. Saat duduk terlalu lama, sirkulasi aliran darah di kaki sangat buruk, yang dapat menyebabkan pembengkakan pergelangan kaki, varises, serta penggumpalan darah yang dikenal dengan DVT (deep vein thrombosis).

7. Postur tubuh memburuk

Saat duduk terlalu lama di kantor, leher dan bahu akan menegang, dikarenakan terlalu lama menahan leher di posisi menghadap ke komputer atau mengerjakan hal lainnya. Hal ini dapat menyebabkan tulang belakang juga ikut menegang dengan ketidak seimbangan permanen dan menyebabkan leher, bahu, dan punggung pegal – pegal.

Tips Terhindar Dari Dampak Duduk Terlalu Lama

  • Minum lebih banyak air agar sering berdiri mengambil air dan sering pergi ke toilet
  • Berdiri setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh dari kekakuan
  • Gunakan meja yang fleksibel agar posisi anda lebih nyaman
  • Hampiri rekan kerja daripada menyampaikan sesuatu melalui telepon

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *