Bahaya Kerokan

1 min read

Bahaya Kerokan

Di Indonesia sendiri, kerokan bukanlah suatu hal yang asing. Saat tubuh sedang tidak fit, kerokan menjadi alternatif yang paling sering dilakukan oleh orang Indonesia. Sejatinya kerokan dilakukan dengan menggunakan uang logam dan minyak angin, kemudian digosok di bagian punggung.

Banyak yang mengatakan, jika kita mengerok badan dapat membuat tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Khususnya mengerok badan terjadi pada saat mengalami masuk angin.

Namun, jika anda sering melakukan kerokan, lebih baik untuk meghindarinya sekarang. Karena menurut medis, terlalu sering mengerok badan justru dapat mengganggu masalah kesehatan. Bukan hanya karena rasa sakit saat dikerok, namun rasa sakit yang diderita dalam jangka panjang.

Lalu apa bahaya yang mengancam jika seseorang terus melakukan metode kerokan? Berikut telah kami rangkum bahaya kerokan.

Bahaya Kerokan Dalam Jangka Panjang

1. Memicu Terkena Stroke

Apabila kebiasaan kerokan tidak anda hindari sekarang juga, maka hal ini akan membuat peredaran darah yang tadinya kecil ikut melebar. Jika pembuluh darah semakin lebar dan bahkan pecah, maka resiko penyakit stroke akan mengintai anda.

2. Masuknya Bakteri dan Virus

Pada dasarnya dikerok dapat menyebabkan pori – pori anda melebar. Hal ini terjadi karena adanya gesekan benda tumpul pada kulit. Gesekan tersebut dapat menyebabkan berbagai virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Terlebih, jika benda yang digunakan untuk mengerok tidak dalam keadaan steril.

3. Bayi Prematur pada Ibu Hamil

Melakukan kerokan pada saat hamil dapat menyebabkan kontraksi dini. Yang dimana suatu zat Cytokines tersebut muncul karena efek dari inflamasi setelah melakukan kerokan. Bagi ibu hamil hindari kerokan saat ini juga, agar terhindar dari masalah kesehatan pada janin yang dapat menyebabkan terjadinya bayi lahir prematur.

4. Ketagihan

Kebiasaan kerokan dapat menyebabkan terjadinya kecanduan. Hal ini terjadi karena timbulnya rasa nyaman dan hangat saat dikerok. Semakin sering dilakukan, efeknya akan semakin buruk pada kesehatan. Pada sisi lain, justru tubuh anda akan sangat berketergantungan untuk kerokan, bukan meminum obat.

Masuk angin biasanya disebabkan karena kondisi dingin, seperti terlalu banyak terkena angin malam, berada di ruangan ber-AC terlalu lama, awal musim penghujan, dan lain-lain. Untuk menhindari hal – hal yang tidak diinginkan, gunakan obat sesuai dengan resep dokter.

 

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *