Bahaya Mandi Saat Berkeringat

1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

Beraktivitas di luar ruangan membuat tubuh berkeringat. Setelah lelah beraktivitas di luar ruangan, anda pasti membutuhkan hal yang dapat membuat tubuh kembali relaks. Salah satu cara ampuh untuk merelaksasikan tubuh adalah dengan mandi.

Selain untuk membersihkan badan, mandi juga dipercaya untuk memelihara kesehatan. Ketika suhu tubuh meningkat, mandi memang menjadi pilihan yang tepat untuk dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat segar kembali. Tapi, sebaiknya jangan langsung mandi ketika tubuh berkeringat, mengapa?

Saat berkeringat, pori-pori kulit akan melebar. Pelebaran pori ini sebenarnya berbahaya karena menjadi cikal bakal terjadinya radang pada kulit, seperti jerawat. Di samping itu, saat pori-pori kulit melebar, suhu tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat suhu tubuh otomatis turun drastis saat anda bergegas mandi.

Lalu apa bahaya mandi saat berkeringat? Berikut beberapa bahaya yang mengintai anda jika masih melakukan hal tersebut.

Bahaya Mandi Saat Tubuh Berkeringat

1. Tubuh akan shock

Ketika dalam keadaan berkeringat dan anda langsung mandi, maka hal yang pertama dirasakan adalah tubuh terasa shock atau kaget. Hal ini disebabkan pori-pori kulit terbuka yang disebabkan oleh keringat. Setelah itu, keringat yang terbasuh oleh air akan menyebabkan lebih kering. Jadi tubuh anda akan terasa kaget yang dimulai dengan isi perut yang lebih dingin. Sistem ini dapat merusak organ tubuh bagin dalam.

2. Resiko sinusitis

Banyak orang yang terkena sinusitis setelah sering mandi saat tubuh berkeringat. Hal ini terjadi karena rusaknya sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan bakteri atau virus masuk ke bagian tubuh. Bakteri bisa bertahan dalam rongga sinus dan menyebabkan peradangan pada rongga sinus. Kondisi tersebut biasanya dipahami sebagai flu saat mandi dalam keadaan berkeringat.

3. Merusak sistem kekebalan tubuh

Keringat yang keluar dari tubuh adalah reaksi metabolisme yang sangat baik. Anda perlu mengeluarkan keringat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik. Namun, jika anda mandi pada saat berkeringat dapat menyebabkan masalah kekebalan tubuh.

Sistem ini akan berlangsung dalam tubuh. Pertanda jika sistem kekebalan tubuh anda bermasalah bisa dimulai dengan kaki dan tangan yang menjadi dingin setelah mandi. Bahkan kebiasaan ini bisa menyebabkan tubuh anda menggigil.

4. Menyebabkan masalah otot

Otot bekerja kuat saat olahraga atau senam, setelah itu sebenarnya otot membutuhkan waktu untuk bersantai seperti tubuh anda. Air yang digunakan untuk mandi bisa meningkatkan resiko cedera otot, karena otot tidak mendapatkan waktu istirahat ang baik.

5. Resiko kesehatan pembuluh darah

Jika masih berkeringat dan nekat untuk mandi, hal ini dapat menyebabkan panas dari dalam tubuh akan tertahan. Hal ini sering menyebabkan pembuluh darah bermasalah karena perubahan suhu tubuh yang tidak normal.

Tips Mandi Setelah Berkeringat

  • Tunggulah waktu yang tepat untuk mandi. Biarkan semua keringat keluar dari tubuh hingga suhu tubuh anda turun atau kembali ke normal.
  • Istirahatkan otot terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk menghindari cedera pada otot.
  • Ketika hendak mandi, pilih suhu yang paling nyaman. Jika anda kebiasaan menggunakan air panas, kurangi hal tersebut karena menyebabkan masalah kesehatan pembuluh darah.
  • Pastikan mandi dengan bersih, setelah beraktivitas tentu tubuh akan terasa lengket dan bau.

Banyak orang mengatakan, mandi dalam keadaan berkeringat sangat menyegarkan. Ternyata, cara demikian merupakan cara yang sangat tidak dianjurkan. Hindari mandi saat berkeringat agar bahaya diatas tidak mengintai anda.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *