Bahaya Menahan Bab

2 min read

Bahaya Menahan BAB

Semua yang hidup pasti akan membuang kotoran. Seperti kita sebagai manusia yang membuang kotoran berbentuk feses. Tetapi lain halnya dengan tanaman, tanaman membuang kotoran berbentuk karbondioksida.

Namun, terdapat beberapa penyebab yang dimana kita tidak bisa membuang air besar begitu saja, seperti ketika sedang terjebak kemacetan di jalan tol dan toilet yang masih begitu jauh, atau ketika sedang rapat dengan klien penting yang tidak memungkinkan kita untuk buang air besar.

Pada kasus ini, ternyata menahan buang air besar bukanlah suatu hal yang baik, justru malah cenderung mengundang penyakit. Berikut bahaya menahan bab jika anda terus menerus melakukan hal ini.

Bahaya Menahan Buang Air Besar Berkelanjutan

1. Membuat kotoran keras 

Menahan terlalu lama di usus besar (yang menyerap air) membuat isi perut keras dan tekanan pada dalam perut akan menimbulkan rasa sakit pada bagian belakang. Hal ini juga membuat anus merasa sakit saat feses dikeluarkan.

2. Sistem pencernaan menyerap racun

Sistem pencernaan menyerap zat sisa yang seharusnya dibuang keluar dari tubuh. Selain itu, hal ini juga dapat membuat feses keras.

3. Menyebabkan wasir

Tekanan pada otot usus besar anus yang terlalu keras dapat menyebabkan pembuluh darah bengkak hingga keluar gumpalan daging dari anus yang disebut dengan wasir. Jika sudah terkena wasir, maka rasa sakitnya akan lebih menyiksa dibanding menahan bab.

4. Sembelit 

Menahan buang air besar jelas bisa menyebabkan sembelit karena kotoran menjadi kering di dalam dan sulit untuk dikeluarkan.

5. Diare

Hal ini kebalikan dari sembelit, diare dapat terjadi karena menahan bab. Biasanya mengalami sakit perut dan juga feses menjadi encer.

6. Kembung

Bukan hanya kotoran yang perlu dikeluarkan dari tubuh, tapi juga gas hasil proses makanan dalam perut. Jika anda menahannya, gas akan kembali dan terjebak di dalam perut sehingga menyebabkan perut merasa sakit.

7. Penyumbatan dubur oleh feses

Seorang pria berumur 53 tahun mendatangi ICU di sebuah rumah sakit di Australia. Dengan mengeluhkan sembelit disertai rasa mual dan bengkak di perutnya. Kondisi ini telah terjadi selama 3 hari.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, terjadi penyumbatan di dubur pria tersebut oleh feses.

CT scan menunjukkan bahwa kotoran BAB di usus besarnya sudah memadat, dan terjadi sindrom tekanan pada bagian perut.

Akibatnya, feses yang padat membuat usus besar membengkak dan menekan arteri illiaca bagian kanan serta menyebabkan rasa sakit di kaki serta kelumpuhan.

Tingkat kepadatan feses di usus pria itu sudah sangat parah dan mempengaruhi produksi asam pada ginjal sehingga terjadi metabolis asidosis/gangguan ketika status asam-basa bergerak ke sisi asam karena hilangnya basa/retensi asam nonkarbonat di dalam tubuh

Tips Mempermudah Buang Air Besar

Berikut beberapa tips yang dapat anda coba jika mengalami susah buang air besar.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Biasakan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau minimal 15 liter air setiap harinya. Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, sekaligus memiliki peran yang cukup penting dalam melancarkan buang air besar seseorang.

2. Konsumsi buah – buahan

Ada banyak sekali jenis buah – buahan yang berguna untuk melancarkan buang air besar sekaligus menjaga kesehatan pencernaan tubuh anda seperti pepaya, strawberry, pisang, dan lain sebagainya.

3. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat

Masalah susah buang air besar bisa terjadi ketika tubuh anda kekurangan serat. Serat berguna untuk membantu menjaga cairan dalam usus besar sehingga buang air besarpun menjadi lancar. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, buah apel, buah alpukat, dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami suatu keadaan dimana diharuskan untuk buang air besar, jangan sekali kali menunda jika tidak ingin mengalami penyebab seperti yang telah dijelaskan diatas. Disamping itu, menahan bab dapat mengganggu aktivitas anda.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *