Bahaya Mengorek Telinga dengan Cotton Bud

1 min read

Bahaya Mengorek Telinga dengan Cotton Bud

Telinga merupakan salah satu indera yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, tanpa keberadaan indera tersebut, secara otomatis anda akan kehilangan fungsi mendengar. Telinga merupakan bagian yang sensitif, dan seharusnya anda tidak memasukkan benda apapun ke dalam telinga untuk membersihkan kotoran dan debu. Termasuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Ketika telinga sudah mulai tidak nyaman, pastinya anda akan membersihkannya menggunakan cotton buds atau kapas. Nyatanya hal ini berakibat buruk bagi telinga sendiri. Maka dari itu, anda harus membersihkan telinga secara hati – hati.

Berikut bahaya mengorek telinga menggunakan cotton bud jika anda tidak segera menghindarinya.

Bahaya Mengorek Telinga Dengan Cotton Bud Setiap Hari

1. Kapas cotton bud yang tertinggal

Banyak sekali kasus rusaknya telinga akibat kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telinga. Entah karena faktor kurang hati-hati atau yang lain, tetap saja hal ini dapat membahayakan. Meski tekstur kapas itu lembut dan tak menyakiti, tetap saja akan membahayakan jika sudah masuk ke dalam telinga, yang notabene salah satu organ vital dari tubuh.

2. Mengganggu pendengaran

Kebiasaan mengorek telinga akan membuat getah telinga terus terdorong ke dalam dan menumpuk. Pada akhirnya, tumpukan getah ini akan menyumbat telinga dan kemampuan pendengaranmu akan menurun karena gelombang suara tak bisa disalurkan dengan baik.

3. Kotoran telinga yang terbuang

Getah telinga atau serumen, atau yang anda kenal sebagai kotoran telinga. kotoran ini tidak terlalu penting untuk di bersihkan. Justru kotoran di telinga memiliki fungsi untuk melumaskan daerah liang, juga mencegah bakteri dan jamur agar tidak tumbuh karena kelenjar telinga bersifat asam.

4. Dengingan pada kepala

Cotton bud bisa merusak gendang telinga dan mengakibatkan telinga berdenging hingga kelumpuhan syaraf di sekitar wajah. Tak hanya itu, telinga juga rawan terkena infeksi atau otitis yang dapat menyerang seluruh saluran, biasanya dijumpai dalam bentuk nanah.

5. mengakibatkan pendarahan, trauma, hingga kolaps

Perbenturan bisa terjadi selama anda mengorek telinga, karena bentuk telinga yang bersudut dan bisa menyebabkan pembengkakan hingga pendarahan. Jika terlalu keras, bahkan bisa menyebabkan trauma. Refleks saraf pagus yang ada di telinga juga bisa membuat anda batuk hingga akhirnya kolaps.

 

Jika sudah merasa risih, anda dibolehkan membersihkan telinga namun hanya dibagian luar saja. Sangat disarankan untuk mendatangi dokter spesialis THT 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *