Bahaya Menyisir Rambut Ketika Basah

1 min read

Bahaya Menyisir Rambut Ketika Basah

Kegiatan menyisir rambut merupakan hal yang umum untuk di lakukan. Semua orang tentu melakukannya secara rutin pada setiap harinya untuk mendapatkan rambut rapih dan tidak kusut, menyisir juga dapat dilakukan untuk membentuk tatanan rambut agar terlihat indah.

Seringkali orang yang baru melakukan aktivitas keramas akan segera menyisir rambutnya dikala kondisi rambut masih dalam keadaan basah. Memang, rambut yang masih basah cenderung akan jauh lebih mudah disisir dan ditata dengan rapi.

Namun coba perhatikan, saat menyisir rambut di kala basah pasti akan menemukan helaian rambut pada sisir.  Kerontokan atau patahnya rambut bisa terjadi saat menyisir di waktu basah. Lalu, apa bahaya menyisir rambut ketika basah?

Bahaya Jika Menyisir Rambut Ketika Basah

Dokter spesialis kulit, dr Sari Chairunnisa, SpKK, mengatakan menyisir dalam kondisi rambut basah setelah keramas dapat memberikan tekanan berlebih pada rambut yang menyebabkan patahnya atau kerontokan rambut.

Menurutnya, ketika rambut basah lalu disisir akan ada fliksi yang terlalu kuat sehingga rambut akan menjadi mudah patah. Bisa jadi kerontokan atau patahnya rambut bukan karena rambut kekurangan nutrisi, melainkan karena menyisir di waktu yang tidak tepat sehingga menimbulkan persepsi sedang mengalami masalah rambut.

Kesalahan Saat Menyisir Rambut

Berikut beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi saat menyisir rambut.

1. Menyisir rambut ketika basah

Menyisir rambut setelah keramas kerap kali di lakukan. Padahal dengan menyisir rambut dalam keadaan basah sangatlah tidak di sarankan karena dapat membuat rambut menjadi rusak. Ketika rambut dalam keadaan basah lalu disisir, saat itu lah rambut akan di tarik kuat – kuat sehingga akan mengalami gesekan serta dapat mudah patah. Oleh sebab itu ketika akan menyisir setelah keramas, usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu.

2. Menyisir rambut dari akar ke ujung

Dengan menyisir rambut dari akar ke ujung akan mengakibatkan rambut tertarik dari akarnya sehingga dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, dalam menyisir sebaiknya anda memulainya beberapa inci dari akar rambut.

3. Terlalu sering menyisir rambut

Ketika rambut anda kusut, tentu anda akan merapihkannya dengan menyisir. Namun, jangan terlalu sering menyisir rambut karena akan merusak kesehatan pada rambut. Apabia rambut kusut, solusinya anda bisa menggunakan jari untuk mengganti fungsi sisir.

4. Salah memilih sisir

Sisir memiliki bermacam bentuk dengan fungsi yang berbeda. Oleh sebab itu, untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan tidak rusak anda harus memiliki bermacam bentuk sisir yang di sesuaikan dengan fungsinya. Jangan hanya menggunakan satu model sisir.

5. Menggunakan sisir berbahan plastik

Menyisir menggunakan sisir murni berbahan plastik akan menghasilkan listrik statis dan akan membuat rambut menjadi kasar dan dapat menimbulkan kerusakan di batang – batang rambut yang tidak terlihat. Hak ini tentu tidak baik untuk kesehatan rambut anda.

 

Pastikan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisir, dan gunakan sisir yang sesuai dengan fungsinya untuk menghasilkan rambut yang indah.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *