Bahaya Pencet Jerawat

2 min read

bahaya pencet jerawat

Jerawat merupakan suatu keadaan dimana pori -pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri.

Pada umumnya masalah jerawat terjadi pada usia remaja, hal ini tentu akan merangsang tangan anda untuk memencet jerawat karena “gemas”. Padahal bahaya pencet jerawat sendiri dapat menyebabkan kondisi semakin memburuk.

Penyebab jerawat sendiri muncul karena beberapa faktor, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkab jerawat :

  • Setress
  • Hormone
  • Depresi
  • Radiasi sinar matahari
  • Kesehatan kulit yang tidak terjaga
  • Polusi udara
  • Alergi terhadap obat -obat tertentu
  • Kurang memperhatikan kebersihan wajah
  • Kekurangan nutrisi pada kulit wajah
  • Kontak dengan debu dan polutan yang terdapat di udara bebas

Risiko Memencet Jerawat

Berikut beberapa resiko yang mungkin terjadi saat anda memencet jerawat:

1. Iritasi

Memencet dan meremas hanya akan memperparah jerawat. Segera setelah dipencet jerawat akan muncul kembali, sering dengan kemerahan atau iritasi. Hal ini tentu akan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.

2. Infeksi

Menurut Kidshealth, memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri pada kulit ini dapat menyebabkan infeksi pada pori – pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.

3. Perdarahan

Memencet jerawat tentu akan menyebabkan perdarahan pada permukaan. Ketika jerawat berdarah, pori – pori yang tersumbat akan terbuka dan sangat rentan meninggalkan bakteri pada kulit.

4. Jaringan parut dan bekas luka

CDC memperingatkan bahwa memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan parut. Selain itu, melukai jaringan sekitar pori – pori yang tersumbat dapat merusak kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka. Hal ini berlaku pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti pustula, papula, nodul dan kista, yang semuanya bisa sangat menyakitkan.

Cara Mencegah Jerawat

1. Membersihkan wajah

Sebaiknya, jika tidak ingin terkena masalah jerawat maka diharuskan untuk menjaga dan rajin membersihkan wajah.

2. Gunakan pelembab

Disarankan untuk menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit anda. Namun, jika tidak mengetahui jenis kulit anda sebaiknya gunakan pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit. Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari ultraviolet.

3. Make up secukupnya

Perhatikan kandungan kimia pada make up yang anda gunakan. Alangkah lebih baik untuk menghindari make up, kalau bisa.

4. Jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan

Hindari kontak antara muka dengan tangan, terlebih jika tangan anda kotor dan muka anda yang sensitif. Hal ini dapat memicu terjadinya masalah jerawat.

5.  Rajin olahraga

Selain menyehatkan tubuh, olah raga yang rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

6. Banyak mengkonsumsi air putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka akan membantu anda untuk melarutkan minyak dan lemak yang ada didalam tubuh. Wajah dan pencernaan menjadi sehat dan menghindari terjadinya wajah yang kusam serta berjerawat.

7. Menjaga makanan yang seimbang

Ada baiknya jika anda menjaga makanan yang seimbang. Dengan gizi yang seimbang akan mencegah timbulnya jerawat. Hindari makanan berminyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

8. Hindari terkena sinar matahari langsung

Anda dapat menggunakan tabir surya yang membantu agar terlindungi dari sinar matahari. Anda dapat melindungi wajah dari topi, kerudung atau pun masker.

9. Hindari setress

Ada baiknya anda menenangkan pikiran dan menghindari stress. Stress dapat memicu terjadinya pertumbuhan jerawat.

10. Istirahat yang teratur

Dengan istirahat teratur selama delapan jam dalam sehari, maka akan membuat tubuh dan wajah menjadi lebih bugar. Hindari tidur larut malam karena menimbulkan wajah menjadi kusam, jerawat dan mata panda.

Setelah mengetahui cara mencegah timbulnya jerawat, ada baiknya jika melakukan setiap hari secara teratur. Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat pada wajah agar selalu bersih dan bebas jerawat.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *