Bahaya Sering Keramas

1 min read

Bahaya Sering Keramas

Semua orang tentu menginginkan rambut yang indah dan sehat. Bahkan tidak sedikit orang rela melakukan beberapa cara agar rambut sesuai dengan apa yang mereka idamkan. Hal ini biasanya terjadi pada kaum hawa, karena bagi wanita rambut adalah mahkota.

Pada dasarnya, keramas bertujuan untuk membersihkan rambut. Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, akibat dari itu rambut akan kotor karena debu dan kotoran yang menempel. Biasanya keramas dilakukan setiap hari.

Namun, apakah anda mengetahui resiko melakukan keramas setiap hari? berikut bahaya sering keramas yang dapat terjadi kepada anda.

Dampak Bahaya Sering Keramas

1. Menghilangkan minyak alami

Memang benar bahwa keramas setiap hari akan merusak dan menghilangkan minyak alami pada rambut. Minyak alami pada rambut berperan sangat penting untuk membuat rambut tampak sehat dan berkilau. Hilangnya minyak alami pada rambut membuat rambut menjadi kering dan kusam.

2. Rambut akan menjadi rontok

Rambut yang sering keramas akan mempengaruhi kekuatan dari kulit kepala anda yang merupakan media melekatnya akar, sehingga akar dari rambut akan melemah dan akan timbul rambut rontok.

3. Adanya ketombe

Sering keramas  menjadi penyebab paling utama terjadinta ketombe. Adanya ketombe merupakan pengelupasan kulit mati pada kulit kepala dan hal ini terjadi pada setiap orang normal. Namun, bila terjadi dalam jumlah yang banyak maka tergolong tidak normal.

Sering keramas membuat kulit kepala sering tercuci, sehingga minyak alami kepala pun terbuang dan ketombe pun akan semakin banyak karena tidak dikontrol oleh minyak alami kulit kepala.

4. Rambut bercabang

Rambut yang bercabang mencerminkan bahwa rambut tersebut kurang sehat. Sering keramas membuat rambut dalam kondisi kering dengan kelembaban yang rendah, sehingga ujung pada rambut akan menjadi pecah – pecah dan terlihat seperti bercabang.

5. Mengganggu pertumbuhan rambut

Manfaat shampo salah satunya adalah dapat melembapkan rambut. Tapi, apabila dipakai terus menerus setiap hari sebum di kulit kepala akan terkikis. Lalu residu dari shampo akan menumpuk di kulit kepala. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka akan mengganggu pertumbuhan rambut.

6. Gatal

Alih – alih membersihkan rambut, keramas setiap hari akan membuat kulit kepala menjadi gatal. Dengan terlalu sering berkeramas, tingkat keasaman pada rambut akan kacau. Hal ini menjadi penyebab kulit kepala menjadi gatal.

7. Mudah patah

Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan helaian rambut menjadi lebih mudah rapuh dan mudah patah. Terlebih jika rambut dalam kondisi masih basah.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan diatas? Sebaiknya berapa hari sekali keramas? Para pakar mengatakan, umumnya sekitar dua hari sekali. Hal ini akan membuat rambut anda tidak terlalu sering terkena sampo, yang mungkin akan menghilangkan kelembaban alami rambut anda.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

admin
1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

admin
1 min read

Bahaya Mandi Saat Berkeringat

admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *