Bahaya Tidur Tengkurap

1 min read

Bahaya Tidur Tengkurap

Tidur merupakan suatu keadaan yang di mana persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun atau hilang, dan dapat dibangunkan kembali dengan indera atau rangsangan yang cukup. Tidur diperlukan untuk menjaga keseimbangan mental emosional, fisiologi, dan kesehatan.

Namun, anda juga harus memposisikan diri pada titik ternyaman saat tidur. Hindari tidur dengan posisi tengkurap, hal ini dapat mengganggu kesehatan anda. Lebih baik untuk memposisikan tidur miring dibandingkan tengkurap.

Lalu apa saja bahaya tidur tengkurap pada kesehatan? Temukan jawabannya pada penjelasan dibawah ini.

Bahaya Tidur Tengkurap Pada Kesehatan

1. Kesehatan jantung terganggu

Seseorang yang sering tidur tengkurap dalam jangka waktu yang panjang membuat jaringan dada dan jantung lebih keras dalam memompa darah yang berisi oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Sehingga seringkali jantung terganggu karena ritmenya menjadi tidak beraturan, dan sering terasa sakit saat menarik nafas.

2. Terganggunya sistem pernafasan

Seseorang yang sering tidur tengkurap, posisi pada lubang hidung pasti mengalami penyumbatan karena tertutup bantal sehingga saluran pernafasan tertekan himpitan berat badan saat tengkurap sehingga pernafasan terhambat.

3. Sakit kepala hebat

Hobi tidur tengkurap dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Hal ini dikarenakan permukaan kepala yang miring karena tekanan berat badan tubuh ke arah samping. Kepala yang miring membuat aliran darah di kepala tersendat.

4. Sakit mata

Posisi tidur tengkurap membuat mata akan tertekan, karena kornea mata terhimpit yang membuat penglihatan kabur dan sakit.

5. Pusat saraf terganggu

Posisi tidur tengkurap membuat aliran darah dengan oksigen yang menuju pusat saraf otak mengalami penyumbatan dan terhambat. Hal ini menyebabkan pusat saraf terganggu sehingga membuat cara berfikir seseorang sangat lambat.

6. Urat terjepit

Seseorang yang sering tidur tengkurap, sebagian besar uratnya seringkali terkilir sehingga membuat aktifitas sehari – hari menjadi terganggu.

7. Penyakit ulu hati

Posisi tidur telungkup yang sering dilakukan membuat ulu hati terganggu, sehingga memicu rasa mual dan perasaan ingin muntah. Ulu hati yang terganggu membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

8. Pegal linu

Hal ini dapat mengganggu aktivitas anda. Tubuh dengan kebiasaan tengkurap membuat saraf dan peredaran darah terganggu sehingga ketika bangun tidur menjadi lemas, pegal linu, dan capek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *